+++++ SMA MUHAMMADIYAH KOTA TEGAL +++++

Rabu, 01 April 2009

Katak Mini dan Spesies Baru

Katak Baru Hanya Sebesar Kuku

LIMA, KOMPAS.com — Para peneliti berhasil mendeteksi spesies baru katak dari Lembah Cosqipata, Peru, yang unik dengan ukuran tubuh sangat kecil. Tanpa pengamatan seksama, katak yang hanya sebesar kuku jari manusia mungkin akan terlewatkan.

"Karakter yang paling unik dari spesies baru ini adalah ukurannya yang sangat kecil," ujar para peneliti seperti dilaporkan dalam jurnal Copeia edisi terbaru. Katak betina hanya tumbuh hingga sepanjang 1,24 sentimeter saat dewasa, sementara yang jantan hanya 1,11 sentimeter.

Katak yang belum diberi nama ilmiah ini dikelompokkan dalam genus Noblella. Hidupnya pada ketinggian antara 3.025 dan 3.190 meter di Pegunungan Andes. Habitatnya berupa dedaunan yang jatuh di lantai hutan tropis pegunungan tersebut.

Menurut salah satu penelitinya, Alessandro Catenazzi dari Universitas California, AS, habitatnya juga di luar dugaan. Pada ketinggian lebih dari 3.000 meter, biasanya hanya ditemui spesies dengan ukuran lebih besar.

Katak, Laba-laba, dan Tokek Spesies Baru Ditemukan

WASHINGTON, KOMPAS.com — Laba-laba yang melompat, tokek lurik, dan katak pengerik termasuk di antara lebih dari 50 spesies baru yang ditemukan di Papua Nugini, kata kelompok pencinta lingkungan hidup Consevation International, Selasa.

Semua hewan itu ditemukan selama satu ekspedisi pada Juli dan Agustus 2008 di hutan lebat di dataran tinggi Papua Nugini, kata kelompok tersebut dalam satu pernyataan.

Sebanyak 50 spesies laba-laba, dua tanaman, tiga katak, dan satu tokek yang ditemukan dalam ekspedisi itu diduga sebagai temuan baru bagi ilmu pengetahuan.


Katak hijau berbadan besar dari genus Nyctimystes ini adalah salah satu di antara lebih dari 50 spesies baru yang ditemukan di hutan Papua Nugini.

Laba-laba pelompat dengan tubuh hijau transparan dari genus Orthrus ini merupakan spesies baru dari papua Nugini yang ditemukan para peneliti Conservation Internasional

Tokek bergaris dari genus Cyrtodactylus sp juga baru bagi sains meski baru ditemukan seekor selama ekspedisi di Papua Nugini.

Tiga spesies katak meliputi katak kecil yang berwarna coklat dengan suara kerik yang tajam, tiga katak hijau muda dengan mata besar, dan katak yang tinggal di air terjun dengan suara keras.


| Free Bussines? |

Tidak ada komentar:

PENGUMUMAN DAN JADWAL

Untuk siswa kelas XII yang mengulang Ujian Nasional 2012 dimohon untuk tetap berkomunikasi dengan pihak sekolah melalui walikelas masing- masing

+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

BAGI SISWA YANG INGIN MEMBERIKAN KOMENTAR ATAU MELAKUKAN POSTING DAPAT DIKIRIMKAN MELALUI E-MAIL : SMAMUHTEG@GMAIL.COM
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

Jadwal Adzan Kota Tegal dan Sekitarnya